BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Dalam tindakan keperawatan faktor komunikasi yang baik antara perawat dengan kliennya sangat mempengaruhi keberhasilan tindakan keperawatan. Komunikasi merupakan bagian penting dalam membangun kepercayaan diri kita dengan klien. Tetapi untuk mewujudkan komunikasi yang baik dengan klien tidaklah mudah, apalagi dengan klien anak.
Melalui komunikasi akan terjalin rasa percaya, rasa kasih sayang, dan selanjutnya anak akan memiliki suatu penghargaan pada dirinya. Dalam tinjauan ilmu keperawatan anak, anak merupakan seseorang membutuhkan suatu perhatian dan kasih sayang, sebagai kebutuhan khusus anak yang dapat dipenuhi dengan cara komunikasi baik secara verbal maupun nonverbal yang dapat menumbuhkan kepercayaan pada anak sehingga tujuan komunikasi dapat tercapai. Tetapi, dalam mencapai tujuan komunikasi yang baik ini tidaklah mudah, misalnya saja anak yang belum bisa bercerita. Kadang kala dalam komunikasi dengan anak, seorang perawat dalam tindakan keperawatannya dapat membuat/menyebabkan anak menjadi menangis, marah, dan lain sebagainya yang bisa membuat hati dan pikiran si klie (anak) menjadi tidak enak. Maka dari itu, kami terdorong untuk membuat makalah yang membahas tentang teknik komunikasi dengan anak.
2. Permasalahan
Permasalahan yang timbul adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan klien anak sehingga tercapai saling percaya antara perawat dengan klien (anak) ?
3. Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah:
- Mengetahui pengertian komunikasi pada anak
- Mengatahui tujuan komunikasi sesuai pada anak
- Mengetahui teknik komunikasi pada anak dan keluarga
- Mengetahui prinsip komunikasi pada anak sesuai tumbuh kembang
- Mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi komunikasi dengan anak
- Mengetahui implikasi komunikasi dalam keperawata.
BAB II
Komunikasi pada anak dan keluarga
- Pengertian komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses yang melibatkan usaha-usaha untuk mengelompokkan,memilih-milih dan mengirimkan lambang-lambang sedemikian rupa yang dapat membantu seorang pendengar atau penerima berita mengamati atau menyusun kembali dalam fikirannya arti atau makna yang terkandung dalam fikiran komunikator.
Komunikasi adalah usaha, tingkah laku atau kegiatan penyampaian informasi mengenai pikiran,makna atau perasaan.
Komunikasi merupakan proses di mana informasi disampaikan pada orang lain melalui simbol-simbol,tanda-tanda atau tingkah laku.
- Tujuan komunikasi sesuai pada anak
Menurut Riant Nugroho (2004:72) tujuan komunikasi adalah menciptakan pemahaman bersama atau mengubah persepsi, bahkan perilaku. Sedangkan menurut Katz an Robert Kahn yang merupakan hal utama dari komunikasi adalah pertukaran informasi dan penyampaian makna suatu system social atau organisasi. Akan tetapi komunikasi tidak hanya menyampaikan informasi atau pesan saja, tetapi komunikasi dilakukan seorang dengan pihak lainnya dalam upaya membentuk suatu makna serta mengemban harapan-harapannya (Rosadi Ruslan, 2003:83). Dengan demikian komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan betapa efektifnya orang-orang bekerja sama dan mengkoordinasikan usaha-usaha untuk mencapai tujuan.
Pada umumnya tujuan komunikasi antara lain, yaitu:
a) Supaya yang kita sampaikan dapat mengerti, sebagai komunikator kita harus menjelaskan kepada komunikan (penerima) dengan sebaik-baiknya dan tuntas sehingga mereka dapat mengerti dan mengakui apa yang kita maksud.
b) Memahami orang lain. Kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan kemauannya.
c) Supaya gagasan dapat diterima orang lain. Kita berusaha agar gagasan kita dapat diterima orang lain dengan pendekatan persuasive bukan memaksakan kehendak.
d) Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu, menggerakan sesuatu itu dapat bermacam-macam, mungkin berupa kegiatan. Kegiatan dimaksud di sini adalah kegiatan yang lebih banyak mendorong, namun yang penting harus diingat adalah bagaimana cara baik untuk melakukan (Widjaja, 200:66-67).
- Teknik komunikasi pada anak dan keluarga
Ø Teknik komunikasi yang efektif
a) Yakinkan apa yang akan dikomunikasikan dan bagaimana mengkomunikasikannya
b) Gunakan bahsa yang jelas dan dapat dimengerti komunikan.
c) Gunakan media komunikasi yang tepat dan adekuat.
d) Ciptakan iklim komunikasi yang baik dan tepat.
e) Dengarkan dengan penuuuh perhatian terhadap apa yang sedang diutarakan komunikan.
f) Hindarkan komunikasi yang tidak disengaja.
g) Ingat bahwa komunikasi adalah proses dua arah harus terjadi umpan balik antara komunikator dan komunikan.
h) Yakinkan bahwa tindakan yang dilakukan tidak kontradiksi dengan apa yang diucapkan ð ekspresi verbal harus sesuai dengan ekspresi non verbal.
Ø Teknik komunikasi pada anak
a) Melalui orang lain atau pihak ketiga
Menghindari berkomunikasi langsung dengan melibatkan orangtua secara langsung yang berada di sampingnya.Selain itu dapat digunakan dengan mengomentari tentang mainan, baju yang sedang dipakainya serta lainnya, dengan catatan tidak langsung pada pokok pembicaraan.
Menghindari berkomunikasi langsung dengan melibatkan orangtua secara langsung yang berada di sampingnya.Selain itu dapat digunakan dengan mengomentari tentang mainan, baju yang sedang dipakainya serta lainnya, dengan catatan tidak langsung pada pokok pembicaraan.
b) Bercerita
Dengan cara ini, pesan yang akan disampaikan dengan mudah dapat diterima oleh anak mengingat anak sangat suka dengan cerita, tetapi cerita yang disampaikan hendaknya sesuai dengan pesan yang disampikan yang dapat diekspresikan melalui tulisan atau gambar.
Dengan cara ini, pesan yang akan disampaikan dengan mudah dapat diterima oleh anak mengingat anak sangat suka dengan cerita, tetapi cerita yang disampaikan hendaknya sesuai dengan pesan yang disampikan yang dapat diekspresikan melalui tulisan atau gambar.
c) Memfasilitasi
Dalam memfasilitasi, kita harus mampu mengekspresikan perasaan dan tidak boleh dominan, tetapi anak harsanak harus diberikan respon terhadap pesan yang disampaikan melalui mendengarkan dengan penuh perhatian.
Dalam memfasilitasi, kita harus mampu mengekspresikan perasaan dan tidak boleh dominan, tetapi anak harsanak harus diberikan respon terhadap pesan yang disampaikan melalui mendengarkan dengan penuh perhatian.
d) Biblioterapi
Pemberian buku atau majalah dapat digunakan untuk mengekspresikan perasaan. Dengan menceritakan isi buku atau majalah sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan kepada anak.
Pemberian buku atau majalah dapat digunakan untuk mengekspresikan perasaan. Dengan menceritakan isi buku atau majalah sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan kepada anak.
e) Meminta untuk menyebutkan keinginan
Meminta anak untuk menyebutkan keinginan sehingga dapat diketahui berbagai keluhan yang didapatkan dan keinginan tersebut dapat menunjukkan perasaan dan pikiran saat itu.
Meminta anak untuk menyebutkan keinginan sehingga dapat diketahui berbagai keluhan yang didapatkan dan keinginan tersebut dapat menunjukkan perasaan dan pikiran saat itu.
f) Pilihan pro dan kontra
Mengajukan pada situasi yang menunjukkan pilihan positif dan negatif sesuai dengan pendapat anak.
Mengajukan pada situasi yang menunjukkan pilihan positif dan negatif sesuai dengan pendapat anak.
g) Penggunaan skala
Penggunan skala atau peringkat ini dapat digunakan dalam mengungkapkan perasaan sakit pada anak,cemas,sedih dan lain-lain dengan menganjurkan anak untuk mengekspresikan perasaannya.
Penggunan skala atau peringkat ini dapat digunakan dalam mengungkapkan perasaan sakit pada anak,cemas,sedih dan lain-lain dengan menganjurkan anak untuk mengekspresikan perasaannya.
h) Menulis
Melalui tehnik ini anak dapat mengekspresikan dirinya baik pada keadaan sedih, marah atau yang lainnyadan biasanya banyak dilakukan pada anak yang jengkel, marah dan diam.
Melalui tehnik ini anak dapat mengekspresikan dirinya baik pada keadaan sedih, marah atau yang lainnyadan biasanya banyak dilakukan pada anak yang jengkel, marah dan diam.
i) Menggambar
Menggambar juga dapat digunakan untuk mengungkapkan ekspresinya, perasaan jengkel marah biasanya dapat diungkapkan melalui gambar dan anak akan mengungkapkannya apabila ditanyakan tentang maksud dari gambarnya.
Menggambar juga dapat digunakan untuk mengungkapkan ekspresinya, perasaan jengkel marah biasanya dapat diungkapkan melalui gambar dan anak akan mengungkapkannya apabila ditanyakan tentang maksud dari gambarnya.
j) Bermain
Merupakan alat efektif dalam membantu anak untuk berkomunukasi, hubungan interpersonal antara anak, perawat dan orang di sekitarnya dapat terjalin, dan pesan-pesan dapat disampaikan.
Merupakan alat efektif dalam membantu anak untuk berkomunukasi, hubungan interpersonal antara anak, perawat dan orang di sekitarnya dapat terjalin, dan pesan-pesan dapat disampaikan.
- Prinsip komunikasi pada anak tumbuh kembang
Ø Prinsip komunikasi secara umum
a) Komunikasi adalah suatu proses simbolik
Lambang atau simbol adalah sesuatu yang digunakan untuk menunjuk sesuatu lainnya berdasarkan kesepakatan sekelompok orang. Lambang meliputi kata-kata (pesan verbal), perilaku nonverbal, dan obyek yang maknanya disepakati bersama lambang menjembatani hubungan antara manusia dengan objek
Lambang atau simbol adalah sesuatu yang digunakan untuk menunjuk sesuatu lainnya berdasarkan kesepakatan sekelompok orang. Lambang meliputi kata-kata (pesan verbal), perilaku nonverbal, dan obyek yang maknanya disepakati bersama lambang menjembatani hubungan antara manusia dengan objek
b) Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi
Gerak tubuh, ekspresi wajah (komunikasi non verbal) seseorang dapat dimaknai oleh orang lain menjadi suatu stimulus. Komunikasi baru tercipta ketika seseorang memberi makna pada perilaku orang lain atau perilakunya sendiri.
Gerak tubuh, ekspresi wajah (komunikasi non verbal) seseorang dapat dimaknai oleh orang lain menjadi suatu stimulus. Komunikasi baru tercipta ketika seseorang memberi makna pada perilaku orang lain atau perilakunya sendiri.
c) Komunikasi punya dimensi isi dan hubungan
Setiap pesan komunikasi mempunyai dimensi isi dimana dari dimensi isi tersebut, kita bisa memprediksi dimensi hubungan yang ada diantara pihak-pihak yang melakukan proses komunikasi. Oleh karena itu, isi yang sama bisa bermakna berbeda jika disampaikan dengan cara yang berbeda.
Setiap pesan komunikasi mempunyai dimensi isi dimana dari dimensi isi tersebut, kita bisa memprediksi dimensi hubungan yang ada diantara pihak-pihak yang melakukan proses komunikasi. Oleh karena itu, isi yang sama bisa bermakna berbeda jika disampaikan dengan cara yang berbeda.
d) Komunikasi itu berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan.
Setiap tindakan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang bisa terjadi mulai dari tingkat kesengajaan yang rendah
Setiap tindakan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang bisa terjadi mulai dari tingkat kesengajaan yang rendah
e) Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu
Pesan komunikasi yang dikirimkan oleh pihak komunikan baik secara verbal maupun non-verbal disesuaikan dengan tempat, dimana proses komunikasi itu berlangsung, kepada siapa pesan itu dikirimkan dan kapan komunikasi itu berlangsung.
Pesan komunikasi yang dikirimkan oleh pihak komunikan baik secara verbal maupun non-verbal disesuaikan dengan tempat, dimana proses komunikasi itu berlangsung, kepada siapa pesan itu dikirimkan dan kapan komunikasi itu berlangsung.
f) Komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi.
Prediksi akan membuat seseorang menjadi tenang dalam melakukan proses komunikasi.
Prediksi akan membuat seseorang menjadi tenang dalam melakukan proses komunikasi.
g) Komunikasi itu bersifat sistemik
Dalam diri setiap orang mengandung sisi internal yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya, nilai, adat, pengalaman dan pendidikan. Sisi internal mempengaruhi bagaimana dia melakukan tindakan komunikasi.
Dalam diri setiap orang mengandung sisi internal yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya, nilai, adat, pengalaman dan pendidikan. Sisi internal mempengaruhi bagaimana dia melakukan tindakan komunikasi.
h) Semakin mirip latar belakang sosial budaya semakin efektiflah komunikasi.
i) Komunikasi bersifat nonsekuensial.
Proses komunikasi bersifat sirkular, dalam arti tidak berlangsung satu arah. Akan tetapi melibatkan respon atau tanggapan sebagai bukti bahwa pesan yang dikirimkan itu diterima dan dimengerti.
Proses komunikasi bersifat sirkular, dalam arti tidak berlangsung satu arah. Akan tetapi melibatkan respon atau tanggapan sebagai bukti bahwa pesan yang dikirimkan itu diterima dan dimengerti.
j) Komunikasi bersifat prosesual, dinamis dan transaksional
Konsekuensi dari prinsip bahwa komunikasi adalah sebuah proses adalah komunikasi itu dinamis dan transaksional. Ada proses saling memberi dan menerima informasi diantara pihak-pihak yang melakukan komunikasi.
Konsekuensi dari prinsip bahwa komunikasi adalah sebuah proses adalah komunikasi itu dinamis dan transaksional. Ada proses saling memberi dan menerima informasi diantara pihak-pihak yang melakukan komunikasi.
k) Komunikasi bersifat irreversible
Komunikasi tidak dapat ditarik kembali. Sifat irreversible ini adalah implikasi dari komunikasi sebagai suatu proses yang selalu berubah.
Komunikasi tidak dapat ditarik kembali. Sifat irreversible ini adalah implikasi dari komunikasi sebagai suatu proses yang selalu berubah.
l) Komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan berbagai masalah.
Banyak persoalan dan konflik antarmanusia disebabkan oleh masalah komunikasi. Namun komunikasi bukanlah solusi utama untuk menyelesaikan konflik. Esensi dari konflik harus tetap dicari dan diselesaikan
Banyak persoalan dan konflik antarmanusia disebabkan oleh masalah komunikasi. Namun komunikasi bukanlah solusi utama untuk menyelesaikan konflik. Esensi dari konflik harus tetap dicari dan diselesaikan
Ø Prinsip komunikasi pada anak sesuai tumbuh kembang
a) Usia Bayi (0-1 tahun)Komunikasi pada bayi yang umumnya dapat dilakukan adalah dengan melalui gerakan-gerakan bayi, gerakan tersebut sebagai alat komunikasiyang efektif, di samping itu komunikasi pada bayi dapat dilakukan secara non verbal. Cara komunikasi yang efektif pada bayi yakni dengan cara menggunakan komunikasi non verbal dengan tehnik sentuhan seperti mengusap, menggendong, memangku, dan lain-lain
b) Usia Todler dan Pra Sekolah (1-2,5 tahun, 2,5-5 tahun)
Perkembangan komunikasi pada usia ini dapat ditunjukkan dengan perkembangan bahasa anak dengan kemampuan anak sudah mampu memahami kurang lebih sepuluh kata, pada tahun ke dua sudah mampu 200-300 kata dan masih terdengar kata-kata ulangan.
Perkembangan komunikasi pada usia ini dapat ditunjukkan dengan perkembangan bahasa anak dengan kemampuan anak sudah mampu memahami kurang lebih sepuluh kata, pada tahun ke dua sudah mampu 200-300 kata dan masih terdengar kata-kata ulangan.
c) Usia Sekolah (5-11 tahun)Komunikasi yang dapat dilakukan pada usia sekolah ini adalah tetap masih memperhatikan tingkat kemampuan bahasa anak yaitu menggunakan kata-kata sederhana yang spesifik. Keingintahuan pada aspek fungsional dan prosedural dari objek tertentu sangat tinggi. Maka jelaskan arti, fungsi dan prosedurnya, maksud dan tujuan dari sesuatu yang ditanyakn secara jelas dan jangan menyakiti atau mengancam sebab ini akan membuat anak tidak mampu berkomunikasi secara efektif.
d) Usia Remaja (11-18 tahun)
Perkembangan komunikasi pada usia remaja ini ditunjukkan dengan kemampuan berdiskusi atau berdebat dan sudah mulai berpikir secara konseptual, sudah mulai menunjukkan perasaan malu. Pada usia ini pola pikir sudah mulai menunjukkan ke arah yang lebih positif, terjadi konseptualisasi mengingat masa ini adalah masa peralihan anak menjadi dewasa.
Perkembangan komunikasi pada usia remaja ini ditunjukkan dengan kemampuan berdiskusi atau berdebat dan sudah mulai berpikir secara konseptual, sudah mulai menunjukkan perasaan malu. Pada usia ini pola pikir sudah mulai menunjukkan ke arah yang lebih positif, terjadi konseptualisasi mengingat masa ini adalah masa peralihan anak menjadi dewasa.
- Faktor faktor yang mempengaruhi komunikasi dengan anak
a) Perkembangan
Untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan anak perawat harus memahami pengaruh perkembangan bahasa dan proses berfikir. Keduanya akan mempengaruhi cara anak berkomunikasi dan cara bagaimana perawat dapat dapat berinteraksi secara sukses dengan mereka.
Untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan anak perawat harus memahami pengaruh perkembangan bahasa dan proses berfikir. Keduanya akan mempengaruhi cara anak berkomunikasi dan cara bagaimana perawat dapat dapat berinteraksi secara sukses dengan mereka.
b) Persepsi
Persepsi adalah pandangan terhadap apa yang terjadi. Perbedaan persepsi antar individu dapat mempengaruhi komunikasi.
Persepsi adalah pandangan terhadap apa yang terjadi. Perbedaan persepsi antar individu dapat mempengaruhi komunikasi.
c) Nilai
Nilai adalah standar yang mempengaruhi tingkah laku. Nilai dapat mempengaruhi interpretasi pesan
Nilai adalah standar yang mempengaruhi tingkah laku. Nilai dapat mempengaruhi interpretasi pesan
d) Emosi
Merupakan perasaan subjektif seseorang terhadap tingkah laku.
Merupakan perasaan subjektif seseorang terhadap tingkah laku.
e) Latarbelakang Sosiokultural
Budaya akan mempengaruhi metode komunikasi antara klien dan perawat. Perawat belajar untuk mengetahui makna budaya dalam proses komunikasi.
Budaya akan mempengaruhi metode komunikasi antara klien dan perawat. Perawat belajar untuk mengetahui makna budaya dalam proses komunikasi.
f) Gender
Jenis kelamin akan mempengaruhi proses komunikasi, karena pria dan wanita memiliki cara berbeda dalam gaya komunikasi.
Jenis kelamin akan mempengaruhi proses komunikasi, karena pria dan wanita memiliki cara berbeda dalam gaya komunikasi.
g) Pengetahuan
Komunikasi akan menjadi sulit bagi dua orang dengan tingkat pengetahuan yang berbeda.
Komunikasi akan menjadi sulit bagi dua orang dengan tingkat pengetahuan yang berbeda.
h) Peran dan hubungan
Individu berkomunikasi dengan tatanan yang tepat menurut hubungan dan peran mereka. Cara berbicara akan berbeda dalam menghadapiorang yang berbeda.
Individu berkomunikasi dengan tatanan yang tepat menurut hubungan dan peran mereka. Cara berbicara akan berbeda dalam menghadapiorang yang berbeda.
i) Lingkungan
Lingkungan yang nyaman akan membuat komunikasi menjadi lebih baik. Gangguan lingkungan akan mengganggu penyampaian pesan.
Lingkungan yang nyaman akan membuat komunikasi menjadi lebih baik. Gangguan lingkungan akan mengganggu penyampaian pesan.
j) Ruang dan teritorial
Teritorial maksudnya wilayah yang harus dipatuhi ketika kita berkomunikasi dengan seseorang.
Teritorial maksudnya wilayah yang harus dipatuhi ketika kita berkomunikasi dengan seseorang.
- Implikasi komunikasi dalam keperawatan.
Implikasi komunikasi dalam keperawatan sangat penting bagi perawat mengingat berbagai pengkajian atau pemeriksaan pada klien dapat dilakukan melalui komunikasi di antaranya implikasi yang dapat dilakukan adalah:
a) Ajak berbicara lebih dahulu dengan orang tua sebelum berkomunikasi dengan anak atau mengkaji anak dengan menjalin hubungan dalam tindakan keperawatan.
b) Lakukan kontak dengan anak dengan mengawali bercerita atau teknik lain agar anak mau berkomunikasi
c) Berikan maianan sebelum masuk ke dalam pembicaraan inti.
d) Berikan kesempatan pada anak untuk memilih tempat pemeriksaan yang diinginkan sambil duduk, berdiri atau tidur.
e) Lakukan pemeriksaan dari sederhana ke kompleks, pemeriksaan yang berdampak trauma lakukan diakhir pemeriksaan.
f) Hindari pemeriksaan yang menimbulkan ketakutan pada anak dan beri kesempatan untuk memegang alat periksa
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Komunikasi anak merupakan proses pertukaran informasi yang disampaikan oleh anak kepada orang lain dengan harapan orang yang diajak dalam pertukaran informasi tersebut mampu memenuhi kebutuhannya. Terjadinya komunikasi yang baik antara perawat dan klien (anak) menentukan keberhasilan tindakan keperawatan. Komunikasi dengan anak berbeda didasarkan pada usia tumbuh kembang anak. Selain melakukan komunikasi dengan klien (anak) perawat juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua anak. Komunikasi antara perawat dengan klien (anak) tidak lepas dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi komunikasi tersebut.
2. Saran
Kepada dosen mata kuliah Komunikasi Keperawatan diharapkan agar memberikan waktu yang cukup kepada mahsiswa/i untuk mengerjakan tugas.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Aziz Alimul. 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan anak 1. Salemba Medika: Surabaya.